Info Sekolah
Selasa, 04 Mar 2223
  • Tema Baru Website SMATA, Sekolah Lokal - Prestasi Global
  • Tema Baru Website SMATA, Sekolah Lokal - Prestasi Global
15 Maret 2023

Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) “Kearifan Lokal” SMAN 1 TEMPEH Mengangkat Budaya Tari Godril dan Tari Jaranan Kabupaten Lumajang

Rab, 15 Maret 2023 Dibaca 579x Berita Sekolah / Kegiatan Siswa

Lumajang 3 Februari 2023. Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu program kegiatan yang termasuk dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Melalui kegiatan P5, diharapkan peserta didik mendapatkan pembimbingan penguatan profil pelajar pancasila yaitu: 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, 2) berkebinekaan global, 3) bergotong royong, 4) mandiri, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif. Sasaran utama dalam kegiatan ini adalah seluruh peserta didik kelas X yakni kelas X-1 sampai dengan X-9 dengan masing-masing kelas dibimbing oleh wali kelas selaku koordinator proyek dan dua guru pendamping. Untuk semester gasal TP. 2022/2023 ini, tema yang dipilih adalah tentang Kearifan Lokal dengan mengangkat budaya seni tari Lumajang yakni Tari godril dan Tari jaranan.

 

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilaksanakan selama beberapa bulan dimulai tanggal 6 Oktober 2022 dan berakhir tanggal 3 Februari 2023 . Di pekan pertama Peserta didik diberikan informasi awal tentang Kearifan Lokal oleh guru pembimbing di kelas masing-masing. Kemudian peserta didik diminta untuk mengeksplorasi tentang kearifan lokal yang ada di Kabupaten Lumajang dengan sebelumnya diberikan wawasan dari fasilitator kelas. Dibeberapa pekan anak-anak melakukan latihan tari yang sudah ditentukan dari Tim fasilitator disamping itu anak-anak yang lain membuat aksesoris sesuai kebutuhan dari jenis tari tersebut seperti jaranannya, sabuk, benik-benik di pakaian, dll. Dipekan berikutnya anak-anak latihan merias dengan dibantu dari beberapa fasilitator yang sudah paham mengenai tata cara make up yang benar kemudian diterapkan langsung dari anak-anak sendiri dengan merias sesama teman secara bergantian.

Pada pekan terakhir, peserta didik didampingi guru pembimbing melakukan gladih kotor sebelum melakukan kegiatan gelar karya. Sebagai puncak kegiatan P5 peserta didik menampilkan hasil  karyanya dalam kegiatan Gelar Karya yang dilaksanakan pada tanggal 2 Februari 2023 yang dihadiri oleh Pengawas, Kepala Sekolah dan jajaran Guru serta dihadiri para undangan untuk walimurid dari Kelas X. Acara tersebut berjalan lancar dan meriah, karena bentuk suatu kebanggaan dari masing-masing wali murid bisa melihat langsung penampilan dari anaknya. Kegiatan terakhir ditutup dengan refleksi dan evaluasi oleh peserta didik dan guru pembimbing sebagai bahan perbaikan untuk kegiatan P5 berikutnya.

 

Penulis : Tim Jurnalis SMAN 1 Tempeh

Agenda SMATA

15
Jul 2019

Petunjuk Arah

embed map html

Info Sekolah

SMA Negeri 1 Tempeh

NPSN 20521460
JL. SOEKARNO HATTA, NO.130
TELEPON 0334-
EMAIL smantempeh1@gmail.com