Info Sekolah
Sabtu, 24 Sep 2022
  • :: Akibat Kebakaran Gedung Cyber pada Tanggal 2 Desember 2021 Website SMATA mengalamai Down Server :: Selamat Atas Diraihnya Juara Traditional Dance Dan Pencak Silat Putra pada ajang SMA AWARD 2021. :: Tetap Jaga PROKES di Sekolah, Selalu Cuci Tangan dan Jangan Lupa Memakai Masker

Sejarah

SMA Negeri Tempeh didirikan pada tanggal 09 Oktober 1982 dengan SK Piagam Pendirian Sekolah tahun 1982, No. 298/0/1982, No. Statistik 301052109016, No. Data Sekolah 20521460 dan pada tahun 2005 status SMA Negeri Tempeh Lumajang telah terakreditasi A.

Lembaga ini berlokasi di jalan Raya Tempeh Desa Tempeh Tengah Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Status tempat berdirinya gedung sekolah adalah milik sendiri, gedung ini dibangun di atas tanah seluas 17.580 m² dengan konstruksi bangunan permanen dan lokasinya tergolong strategis, walaupun berada di desa namun dilalui oleh jalur kendaraaan umum arah Lumajang-Malang sehingga mudah dijangkau.

Letak SMA Negeri Tempeh secara geografis mempunyai batas-batas sebagai berikut:

  1. Sebelah Barat berbatasan dengan sawah dan pemukiman penduduk;
  2. Sebelah Utara berbatasan dengan Kantor Kecamatan Tempeh dan desa Tempeh Tengah;
  3. Sebelah Timur berbatasan dengan Kantor PLN dan desa Tempeh Kidul;
  4. Sebelah Selatan berbatasan dengan desa Lempeni.

Pada awal berdirinya SMA Negeri Tempeh dikepalai oleh Bapak Sutomo selaku Kepala SMA Negeri Tempeh yang pertama. Melalui visi sekolah beriman, berilmu dan berbudaya, kini SMA Negeri Tempeh diusianya yang ke-26 telah banyak mencetak prestasi di semua bidang baik akademik maupun non akademik.

Di bawah kepemimpinan Bapak Drs. Suroso, M.Pd. selaku kepala sekolah ke delapan di SMA Negeri Tempeh telah banyak prestasi yang telah diukir dan mulai tahun 2006 lembaga ini telah dibawa untuk ikut menjadi sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan melalui program sekolah Adiwiyata, melalui salah satu misi sekolah yaitu “Menumbuh kembangkan sikap sadar lingkungan (darling) dalam pembelajaran berkelanjutan.” Dan diteruskan oleh bapak Drs. Dwi Nirwana, M.Pd. yang dimulai sejak tahun 2008 sampai sekarang.

Lembaga yang mempunyai lahan cukup luas serta memiliki potensi tanah yang subur ini berkesempatan meraih nominasi Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional mewakili Jawa Timur. Dengan bermodal kondisi fisik, kekayaan alam yang melimpah serta lokasi yang strategis, maka SMA Negeri Tempeh secara berkelanjutan akan terus berupaya untuk dapat mengembangkan seluruh potensi yang ada.

Sekolah yang mempunyai motto “Sekolah Desa Prestasi Kota” ini sejak tahun 1990 telah melakukan kegiatan peduli dan berbudaya lingkungan antara lain:

  1. Lomba 5 (lima) K yang sekarang menjadi 7 (tujuh) K tiap akhir semester;
  2. Budaya Senin bersih (kerja bakti massal bagi seluruh peserta didik);
  3. Budaya Jum’at bersih (kerja bakti massal bagi guru dan karyawan);
  4. Serta penanaman pohon dan bunga di sekitar gedung sekolah, yang sekarang sudah dapat dirasakan hasilnya.

Potensi yang ada di lingkungan SMA Negeri Tempeh dan diharapkan dapat mendukung program Adiwiyata antara lain:

1) halaman sekolah yang luas;

2) lingkungan yang rindang;

3) ketrampilan Vocational membatik; dan

4) jumlah guru yang memadai.