Info Sekolah
Sabtu, 21 Mei 2022
  • :: Akibat Kebakaran Gedung Cyber pada Tanggal 2 Desember 2021 Website SMATA mengalamai Down Server :: Selamat Atas Diraihnya Juara Traditional Dance Dan Pencak Silat Putra pada ajang SMA AWARD 2021. :: Tetap Jaga PROKES di Sekolah, Selalu Cuci Tangan dan Jangan Lupa Memakai Masker

HADIRI PERINGATAN HARI ANTI NARKOBA INTERNASIONAL, SMATA TAMPILKAN BUDAYA INDONESIA

Diterbitkan : - Kategori : Berita Sekolah

Peringatan hari anti narkoba internasional (HANI) tahun 2018 dilaksanakan di hallroom Vision Fiesta Lumajang. Penitia pelaksana kegiatan tersebut adalah Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Lumajang yang diketuai oleh AKBP Mudawaroh. Peringatan HANI 2018 dihadiri oleh kepala sekolah, siswa SMA/SMK sederajat, Cabang Dinas Pendidikan Lumajang, Kodim 527 Lumajang, Kemenag Lumajang, Kejagung Lumajang dan Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN). Adapun pengisi acara pada peringatan HANI 2018 berasal dari sekolah maupun komunitas yang ada di lumajang khususnya para pegiat seni muda.

Acara dibuka langsung oleh kepala BNN kabupaten Lumajang AKBP Mudawaroh. Pada sambutannya beliau berharap acara peringatan HANI 2018 dapat melahirkan insan yang peduli untuk terus memerangi narkoba di wilayah Lumajang. Selain itu beliau berharap agar Lumajang bersih dari narkoba atau zero narkoba. Pada kesempatan yang sama kepala Cabang Dinas Kabupaten Lumajang bapak Drs H Sugiono Eksananto MM  turut memberikan sambutan. Cabang dinas pendidikan kabupaten lumajang akan terus berupaya dan mensukseskan Lumajang zero narkoba. Upaya yang telah dilaksanakan adalah membentuk satgas anti narkoba di wilayah Tempursari. Beliau juga berharap agar warga sekolah menjadi pioner untuk memberantas narkoba. Selanjutnya Lumajang akan menjadi tuan rumah dalam deklarasi satgas anti narkoba se-Tapal Kuda.

Adapun pada kesempatan yang sama SMAN 1 Tempeh Lumajang didapuk sebagai salah satu pengisi acara pada HANI 2018. Sebagai wujud konsistensi SMAN 1 Tempeh Lumajang untuk mewujudkan sekolah peduli budaya, siswi ekstrakurikuler tari menampilkan budaya indonesia yakni tari tradisional. Adapun tari tersebut berjudul Tari Jejer Jaran Dawok yang memiliki makna kedinamisan dan semangat. Pada akhir tarian, sebagai wujud dukungan SMAN 1 Tempeh diselipkan kata Say No To Drugs pada selendang penari. Adapun makna tulisan tersebut adalah wujud dukungan sekolah terhadap upaya pemerintah untuk memerangi narkoba.

Penampilan tari yang ditampilkan oleh ekskul tari SMAN 1 Tempeh  mendapatkan tepuk tangan yang riuh dari penonton. Perlu diketahui bahwa SMAN 1 Tempeh berusaha mewujudkan sekolah peduli budaya untuk semakin memperkuat karakter sekolah. Selain tari, adapula ekskul karawitan dan pencak organisasi yang merupakan budaya asli Lumajang ada di SMAN 1 Tempeh. Adapun karakter lain yang telah dimiliki SMAN 1 Tempeh adalah sekolah adiwiyata, sekolah berintegritas, sekolah kewirausahaan, dan sekolah model.

Pada kesempatan terpisah kepala SMAN 1 Tempeh memberi apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan acara HANI 2018. “Kami sangat mendukung acara peringatan hari anti narkoba internasional 2018, saya berharap setelah acara ini semangat untuk memerangi narkoba dapat diaplikasikan di seluruh sekolah lumajang pada umumnya dan SMAN 1 Tempeh pada khususnya. Sehingga tercipta Lumajang yang bebas narkoba.” Kata kepala SMAN 1 Tempeh Bapak Hasito, S.Pd. “Sebagai upaya berkelanjutan sekolah akan melaksanakan upaya pencegahan dini.” Tambahnya