Info Sekolah
Jumat, 20 Mei 2022
  • :: Akibat Kebakaran Gedung Cyber pada Tanggal 2 Desember 2021 Website SMATA mengalamai Down Server :: Selamat Atas Diraihnya Juara Traditional Dance Dan Pencak Silat Putra pada ajang SMA AWARD 2021. :: Tetap Jaga PROKES di Sekolah, Selalu Cuci Tangan dan Jangan Lupa Memakai Masker

PMR WIRA SABET JUARA ASMAWIRARAJA

Diterbitkan : - Kategori : Berita Sekolah
Foto kegiatan asmawiraraja dimana tim SMAN 1 tempeh memperoleh 3 medali juara

Aksi Madya Wira Palang Merah Remaja yang disingkat Asmawiraraja merupakan suatu lomba yang diadakan oleh pihak PMI untuk memperingati hari Palang Merah Remaja (PMR) di Kabupaten Lumajang. Kegiatan yang bertajuk Asmawiraraja yang dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Lumajang merupakan kegiatan penyuluhan kepada seluruh PMR yang ada di sekolah untuk menyagakan pelatihan kesehatan sekolah.

Asmawiraraja dilaksanakan dua tahun sekali setiap tanggal 1 Maret yang bertepatan dengan peringatan Hari Palang Merah Remaja (PMR). Pada tahun 2020 ini merupakan tahun pertama ASMAWIRARAJA diselenggarakan. Tahun ini Asmawiraraja diselenggarakan di SMP Negeri 1 Kunir, Kabupaten Lumajang.

Asmawiraraja sendiri diikuti oleh PMR tingkat madya (SMP) dan PMR tingkat wira (SMA) dari lembaga sekolah yang ada di Kabupaten Lumajang baik Negeri maupun Swasta. Setiap sekolah mengirimkan 1 tim yang terdiri dari 10 anak yang sudah dibagi di bidangnya masing-masing. PMR Wira SMA Negeri 1 Tempeh juga ikut andil dalam kegiatan ini. PMR Wira SMA Negeri 1 Tempeh mengirim 10 anak, perwakilan SMA Negeri 1 Tempeh. 

Asmawiraraja merupakan suatu ajang perlombaan PMR tingkat Madya dan Wira, kegiatan ini melombakan dua kategori, yaitu traveling dan non-traveling. Lomba traveling sendiri meliputi lomba presentasi kepalang merahan, kesiapsiagaan bencana, kesehatan remaja, dan praktek pertolongan pertama. Untuk lomba non-traveling meliputi yel-yel tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). PMR Wira SMA Negeri 1 Tempeh pulang dengan membawa 2 trophy. Mereka meraih prestasi juara 1 terbaik bidang kepalangmerahan dan juara 2 terbaik bidang kesiapsiagaan bencana.

“ Alhamdulillah atas prestasi ini dan terima kasih kepada anak-anak yang tidak kenal lelah menyiapkan segala perangkat perlombaan bahkan sambai ngelembur”. Ujar Ibu Ninik selaku pembina PMR Wira SMA Negeri 1 Tempeh, (01/03/20).

Asmawiraraja diadakan untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan yang tinggi antar anggota Palang Merah Remaja di Kabupaten Lumajang dan untuk menambah teman serta menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama manusia dan melaksankan prinsip PMR yaitu kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, dan kesemestaan.