Info Sekolah
Senin, 30 Jan 2023
  • :: Akibat Kebakaran Gedung Cyber pada Tanggal 2 Desember 2021 Website SMATA mengalamai Down Server :: Selamat Atas Diraihnya Juara Traditional Dance Dan Pencak Silat Putra pada ajang SMA AWARD 2021. :: Tetap Jaga PROKES di Sekolah, Selalu Cuci Tangan dan Jangan Lupa Memakai Masker

Kegiatan RHC (Rover Ranger Holiday Camp 2023), Pelantikan PENEGAK BANTARA dan Latihan Pengembangan Kepemimpinan SMA Negeri 1 Tempeh

Diterbitkan : - Kategori : Berita Sekolah

Lumajang, Jawa Timur – Jumat, 13 Januari 2023. Pramuka SMAN 1 Tempeh gugus depan Gajah mada 09-135/09-136 kembali menunjukkan eksistensinya dalam pembinaan dan kegiatan kepramukaan dengan melaksanakan kegiatan RHC (Rover Ranger Holiday Camp 2023), Pelantikan PENEGAK BANTARA dan Latihan Pengembangan Kepemimpinan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 13 hingga 15 Januari 2023 di Bumi Perkemahan SMA Negeri 1 Tempeh.

Kegiatan ini merupakan prosesi pelantikan dan pengukuhan seorang Pramuka yang telah menyelesaikan Syarat-Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penegak sehingga berhak menggunakan Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penegak Bantara. SKU Penegak Bantara terdiri dari 23 poin yang mengandung 5 (lima) unsur area pengembangan yaitu Spritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pengurus Dewan Ambalan Gajah Mada SMAN 1 TEMPEH dan dihadiri langsung oleh anggota Majelis Pembimbing gugus depan Gajah Mada Drs. Habibulloh, MA, Ketua Gugus Depan Gajah Mada Sigit Purwanto, Pembina Satuan Putra Zepri Puspoko, S.Pd, Pembina Satuan Putri Diana Dwi Kusumaning Tyas, S.Pd   Sebelum prosesi pelantikan dilakukan, calon Penegak Bantara telah menyelesaikan SKU-nya terlebih dahulu kemudian melewati Sidang Dewan Kehormatan Penegak dan Prosesi Perjalanan Suci.

Prosesi pelantikan tersebut berlangsung sangat sakral dan khidmat. Ditandai dengan peserta yang hadir dalam upacara tersebut terlihat berlinang air mata. Mengingat seluruh tahap-tahap pencapaian bantara yang telah dilakukan. Pelantikan tersebut diawali dengan pembacaan surat keputusan hasil sidang, sesi tanya jawab, pengucapan Trisatya dan diakhiri dengan pemasangan TKU Bantara oleh Ketua Ambalan dan penyiraman air suci oleh pembina dan jajaran SMAN 1 Tempeh. Kegiatan ini merupakan langkah awal seseorang yang tergabung di Gerakan Pramuka, khususnya di Pramuka Penegak untuk memasuki dunia kepramukaan yang sesungguhnya. Mudah-mudahan para Pramuka yang telah dilantik menjadi Pramuka Penegak Bantara lebih loyal dan semakin menunjukkan eksistensi bakat dan pengetahuannya di bidang kepramukaan.

Penulis : Tim jurnalistik SMA N 1 Tempeh