Info Sekolah
Sabtu, 24 Sep 2022
  • :: Akibat Kebakaran Gedung Cyber pada Tanggal 2 Desember 2021 Website SMATA mengalamai Down Server :: Selamat Atas Diraihnya Juara Traditional Dance Dan Pencak Silat Putra pada ajang SMA AWARD 2021. :: Tetap Jaga PROKES di Sekolah, Selalu Cuci Tangan dan Jangan Lupa Memakai Masker

Juara 3 Shodou (Kaligrafi Jepang) pada event Jepang ORENJI oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Universitas Diponegoro

Salah satu siswa kelas XII IPS 1 SMAN 1 Tempeh mendapatkan juara pada lomba Shodou (Kaligrafi Jepang) tingkat nasional pada event Jepang ORENJI yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Kebudayaan Jepang Universitas Diponegoro pada 4 Oktober 2021. Lomba tersebut diikuti oleh 19 peserta dari seluruh Indonesia.

Hal ini merupakan sebuah hal baru bagi SMAN 1 Tempeh karena ini merupakan pertama kalinya SMAN 1 Tempeh mendapatkan juara pada bidang Bahasa Jepang karena memang di SMAN 1 Tempeh sendiri tidak ada mata pelajaran Bahasa Jepang ataupun ekstrakurikuler yang berhubungan dengan Bahasa Jepang. Raditya memperoleh kemampuan berbahasa Jepangnya tersebut dengan belajar secara autodidak di rumah dengan memanfaatkan media internet serta buku bahasa Jepang.

Lomba Shodou (Kaligrafi Jepang) pada event Jepang ORENJI oleh Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Kebudayaan Jepang Universitas Diponegoro merupakan lomba yang diadakan secara daring pada 4 Oktober 2021. Lomba ini memiliki dua babak yaitu penyisihan dan final. Pada babak penyisihan, peserta harus menuliskan huruf kanji “秋” pada kertas  buffalo A4 dengan menggunakan kuas dan tinta shodou. Kemudian peserta harus memfoto karya dan foto diri memegang karyanya. Selanjutnya, foto-foto tersebut dikumpulkan melalui google form. Pada tanggal 16 Oktober 2021, terdapat pengumuman peserta yang lolos 10 besar dan ke babak final, alhamdulillah Raditya lolos ke babak final. Pada babak final peserta harus membuat video penulisan huruf kanji “新” pada kertas buffalo A4 dengan kuas dan tinta shodou. Selain itu juga mengirimkan foto karya dan saat memegang karya. Semua foto dan video tersebut kemudian dikumpulkan melalui google form dan peserta menunggu pengumuman pemenang. Pada tanggal 25 Oktober 2021, alhamdulillah Raditya mendapatkan juara 3 pada lomba tersebut yang diumumkan melalui email dan akun instagram ORENJI.