Info Sekolah
Kamis, 01 Des 2022
  • :: Akibat Kebakaran Gedung Cyber pada Tanggal 2 Desember 2021 Website SMATA mengalamai Down Server :: Selamat Atas Diraihnya Juara Traditional Dance Dan Pencak Silat Putra pada ajang SMA AWARD 2021. :: Tetap Jaga PROKES di Sekolah, Selalu Cuci Tangan dan Jangan Lupa Memakai Masker

POLRES LUMAJANG LAKUKAN PENYULUHAN TERTIB BERLALU LINTAS DI SMA NEGERI 1 TEMPEH

Diterbitkan : - Kategori : Berita Sekolah

Tempeh, 12 September 2022. Salah satu upaya Polres Lumajang dalam menekan terjadinya pelanggaran yang terjadi khususnya kecelakaan lalu lintas adalah dengan mengadakan penyuluhan tata tertib lalu lintas dan sosialisasi UU Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan di SMA Negeri 1 Tempeh Kabupaten Lumajang. Kegiatan penyuluhan dalam rangka program Polres Lumajang “Police go to School” dilaksanakan pada hari Senin  tanggal 12 September 2022 pukul 08.00 Wib yang diikuti oleh seluruh siswa SMA Negeri 1 Tempeh .

Adapun yang memberikan penyuluhan dan sosialisasi adalah beberapa jajaran dari Polres Lumajang. Materi yang diberikan antara lain tentang tata tertib berlalu lintas dan sosialisasi UU Nomor 22 tahun 2009. Dalam penyuluhannya menyampaikan sangat pentingnya mentaati peraturan lalu lintas agar terwujudnya pelayanan lalu lintas yang aman, selamat, tertib, lancar, etika berlalu lintas dan budaya bangsa serta penegakan hukum dan kepastian hukum bagi masyarakat dengan penuh kesadaran semua komponen masyarakat.


Pelanggaran lalu lintas yang dilakukan siswa dari tahun ketahun mengalami peningkatan dengan berbagai macam kasus, mulai dari kepemilikan SIM (Surat Izin Mengemudi), kelayakan kendaraan, sampai dengan etika dalam berkendara. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh kesadaran hukum pelajar dalam mentaati peraturan berlalu lintas masih minim. Sehingga diadakannya penyuluhan ini dapat mendeskripsikan: apa program yang disusun dalam upaya menciptakan disiplin berlalu lintas para siswa sekolah, bagaimana pelaksanaan program yang disusun dalam upaya menciptakan disiplin berlalu lintas para siswa sekolah, kemudian apa hambatan yang dialami dalam upaya menciptakan disiplin berlalu lintas para siswa sekolah, dan bagaimana cara mangatasi hambatan yang dialami dalam upaya menciptakan disiplin berlalu lintas.

Sebelum mengakhiri penyuluhan, perwakilan anggota Polres Lumajang memberi pesan agar para siswa menjadi pelopor keselematan berlalu lintas dan budayakan keselamatan menjadi kebutuhan. Dengan adanya kegiatan tersebut mampu memberikan dampak yang positif bagi siswa, dan setelah kegiatan ini diharapkan semua siswa bisa menjadi pelopor etika berlalu lintas yang baik dan benar dijalan sehingga bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Penulis : Tim Jurnalistik SMA Negeri 1 Tempeh