Info Sekolah
Sabtu, 24 Sep 2022
  • :: Akibat Kebakaran Gedung Cyber pada Tanggal 2 Desember 2021 Website SMATA mengalamai Down Server :: Selamat Atas Diraihnya Juara Traditional Dance Dan Pencak Silat Putra pada ajang SMA AWARD 2021. :: Tetap Jaga PROKES di Sekolah, Selalu Cuci Tangan dan Jangan Lupa Memakai Masker

HARI TERAKHIR PAT SMAN 1 TEMPEH BERJALAN LANCAR

Diterbitkan : - Kategori : Berita Sekolah

Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada semester genap 2019-2020 telah selesai dilaksanakan. Seperti telah diberitakan bahwa kegiatan PAT pada semester ini dilakukan dengan menggunakan daring. Siswa dapat melaksanakan kegiatan PAT langsung dari rumah dengan menggunakan aplikasi CBT yang telah disediakan sekolah.

Demi lancarnya kegiatan PAT, SMAN 1 TEMPEH juga telah melaksanakan simulasi untuk melihat sejauh mana kesuksesan dari aplikasi yang dijalankan. Diharapkan dengan adanya pembaharuan ini nantinya akan meningkatkan kualitas pembelajaran dan penilaian yang ada di sekolah.

Setelah melakukan beberapa kali simulasi PAT nampak beberapa kelemahan yang nampak pada daya tampung server saat memulai ujian. Dengan adanya kekurangan ini akhirnya panitia PAT terus melakukan pembaharuan dan dapat melaksanakan kegiatan PAT dengan lancar.

Selama kegiatan PAT berlangsung kendala sinyal, kepemilikan HP dan kendala terdaftar sebagai peserta di server dapat diatasi dengan baik sehingga kegiatan PAT dapat berjalan normal. Bahkan dengan adanya aplikasi CBT, guru juga diberikan kemudahan dalam mengkoreksi ujian siswa. Seperti yang diketahui bahwa nilai akan langsung muncul di server setelah siswa selesai melaksanakan ujian setiap mata pelajaran. Bahkan nilai PAT telah dilakukan analisa pada soal sehingga guru sangat terbantu dalam analisa soal ujian.

Dalam aplikasi CBT, soal yang diterima antar siswa berbeda. Dalam hal ini, soal akan diacak secara otomatis oleh aplikasi. Selain itu untuk meminimalisir kecurangan aplikasi CBT dibuat satu pintu keluar. Sehingga siswa hanya akan dapat keluar dari aplikasi apabila telah menyelesaikan ujian sesuai waktu yang telah disediakan dalam setiap mata pelajaran. SMAN 1 TEMPEH berharap dengan adanya smart teknologi yang ada saat ini selain memudahkan kerja di masa pandemi juga dapat memotivasi agar pembelajaran terus berkembang.