Info Sekolah
Minggu, 17 Okt 2021
  • Website sedang dalam maintenance mohon maaf atas ketidaknyamanan ini ...

WUJUDKAN DEMOKRASI DI KALANGAN WARGA SEKOLAH, SMATA LAKUKAN PILKOSIS

Diterbitkan : - Kategori : Berita Sekolah

Tempeh (10/9)- Acara yang bertajuk pemilihan ketua OSIS SMAN 1 Tempeh berjalan meriah. Acara yang dikemas dengan semenarik mungkin ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran berdemokrasi dikalangan siswa. Acara pemilihan ketua OSIS SMAN 1 Tempeh merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh MPK. Pilkosis juga merupakan ajang unjuk kreasi seni dan potensi siswa SMAN 1 Tempeh.

Panitia pelaksana pilkosis tahun 2018-2019 merupakan seluruh anggota MPK. Pada acara tahun ini bertindak sebagai ketua panitia adalah Dimas Wahyudi yang berasal dari kelas 11 ips 2. Pemilihan ketua panitia juga berjalan demokratis yakni berdasarkan musyawarah mufakat dari seluruh MPK. Adapun Steering Comitee (SC) berasal dari dewan guru yang diketuai oleh Bapak Imam Mahdi, S.Pd. “Kami berharap  acara Pilkosis tahun 2018 lebih meriah dari acara sebelumnya serta melaksanakan regenerasi OSIS untuk periode 2018-2019. Tentunya Pilkosis juga merupakan ajang bagi siswa untuk belajar berdemokrasi yang baik.” Kata Bapak Imam Mahdi, S.Pd.

Pada acara Pilkosis tahun ini SMAN 1 Tempeh bekerjasama dengan KPU Lumajang dengan mengajukan peminjaman peralatan pencoblosan. Hal ini merupakan wujud komunikasi yang baik antara SMAN 1 Tempeh dan instansi yang berada di kabupaten Lumajang. Selain itu model pemilihan juga disesuaikan seperti ketika akan melakukan pemungutan suara di TPS. Adapun TPS yang disediakan oleh panitia yakni berada di Aula SMAN 1 Tempeh.

Acara Pilkosis dimulai dengan seleksi calon ketua dan calon wakil ketua OSIS dari masa pendaftaran dan pengumpulan berkas yang telah dilaksanakan sejak bulan Juli 2018. Adapun seleksi yang dilaksanakan antara lain tes publik speaking, debat, PBB, bakat dan wawancara. Sedangkan materi tes antara lain Adiwiyata, keorganisasian OSIS, pengetahuan tentang sekolah, pemahaman agama, kepemimpinan, bela negara dan kedisiplinan. Sehingga diperoleh 4 (empat) kandidat calon ketua dan calon wakil ketua OSIS yakni pasangan calon 1 Jaka-Marcelia, Pasangan Calon 2 Klarisa-Irul, pasangan calon 3 Diky-Nova dan pasangan calon 4  Wahyu-Rika.

Acara Pilkosis dimulai dengan penampilan yang menarik dari grup hadrah SMAN 1 Tempeh yakni Albanjari. Gema takbir dan shalawat dilantunkan dengan sangat baik oleh anggota remas SMAN 1 Tempeh. Alunan musik albanjari menandai dimulainya pra acara pemilihan ketua OSIS tahun 2018. Acara dilanjutkan dengan sambutan ketua OSIS, Ketua MPK dan Kepala SMAN 1 Tempeh. Adapun pesan yang disampaikan oleh Kepala SMAN 1 Tempeh Bapak Hasito, S.Pd agar siswa dapat mempelajari tata demokrasi yang baik. Beliau juga berharap agar kepengurusan OSIS periode 2018-2019 dapat membantu mensukseskan program sekolah dan mempertahankan identitas sekolah yang telah dimiliki. Seperti yang diketahui SMAN 1 Tempeh memiliki identitas sekolah Adiwiyata Mandiri, sekolah Kewirausahaan, Sekolah Model dan Sekolah Berintegritas. Sambutan kepala sekolah menandai pula dimulainya acara Pilkosis tahun 2018.

Adapun acara Pilkosis dimulai dengan penampilan epic dari ekstrakurikuler modelling Smatfash. Selanjutnya dilaksanakan orasi dari masing-masing pasangan calon yang didukung oleh kelas yang anggotanya terdaftar sebagai kandidat. Penampilan orasi yang ditampilkan siswa ini sangat menarik karena selain menampilkan kebudayaan lokal seperti tari-tarian lokal juga dipadukan dengan kreativitas siswa untuk meraup suara dalam pilkosis. Selanjutnya dilaksanakan wawancara kandidat oleh dewan juri dari guru SMAN 1 Tempeh. Adapun yang bertindak sebagai juri adalah Ibu Lilis, Ibu Indra, Bapak Agus dan Bapak Nurul.

Setalah wawancara kandidat yang dilaksanakan langsung di panggung utama, acara dilanjutkan dengan hiburan dan pencoblosan. Hasil pencoblosan dilakukan secara Luberjurdil di TPS yang disediakan panitia. Selanjutnya perhitungan suara dilaksanakan di panggung utama dan terpilih pasangan calon 4 sebagai ketua dan wakil ketua OSIS periode 2018-2019 yakni siswa atas nama Wahyu dan Rika. Acara ditutup dengan sambutan dari Waka Kesiswaaan Bapak Cahyo Budi Laksana, S.S dengan harapan pengurus OSIS lebih baik pada periode selanjutnya serta mencanangkan program yang mendukung program sekolah dan mampu mengakomodir potensi siswa.