SEKILAS INFO
: - Jumat, 04-12-2020
  • 6 bulan yang lalu / Kami segenap keluarga besar SMAN 1 TEMPEH mengucapkan Selamat hari raya idul fitri 1441 Hijriah. Minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan bathin
  • 8 bulan yang lalu / Mari bersama kita lawan virus Covid 19 dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Hindari ke tempat keramaian, cuci tangan secara berkala jika dari luar rumah, terapkan social distancing untuk sementara waktu, tidak keluar dari rumah jika tidak terlalu penting, dan selalu patuhi himbauan pemerintah
  • 8 bulan yang lalu / Berdasarkan surat edaran  kepala dinas pendidikan  cabang jember – lumajang, aktifitas belajar di rumah diperpanjang hingga 5 april 2020.

Pengertian Prakarya dan Kewirausahaan

Prakarya

Prakarya itu berasal dari istilah pra serta karya, pra mempunyai makna belum sedangkan karya iyalah hasil kerja. prakarya didefinisikan sebagai hasil kerja yang belum jadi atau masih dalam bahan mentah , prakarya masih berupa proof of concept atau sebuah prototipe.
Prakarya belum mempunyai target pemasaran, oleh karena itu belum ada penggunanya ataupun konsumennya. Satu-satunya penggunanya iyalah si developer atau desainer itu sendiri. Kualitas belum menjadi perhatian karena yang penting bentuk dasarnya saja . Harga sebuah prakarya ditentukan oleh subyektif sebab belum tahu potensi dasar pada pasarnya.

Prakarya memiliki pengertian ialah Ketrampilan, hastakarya, kerajinan tangan, ataupun keterampilan tangan. bahan yang digunakan tersedia secara umum dipasaran, sehingga kita tinggal merangkai ataupun pemanfaatan limbah dan bahan bekas.
Prakarya mempunyai peranan penting dalam pengembangan kreatifitas serta mengembangkan menjadi sebuah inovasi baru.

Arti pengolahan Prakarya ialah membuat atau menciptakan , Pada dasaranya prinsip kerja pengolahan prakarya iyalah mengubah bahan mentah menjadi produksi hasil dengan mencampur atau memodivikasi bahan tersebut,

Manfaat pendidikan teknologi pengolah iyalah sebagai pelatih rasa yang dapat dikorelasikan dalam kehidupan sehari hari , pengolah telah dilakukan oleh pendahulu bangsa dengan teknologi tradisi yang sederhana tetapi telah menunjukan konsep pengolahan yang aplikabel,
Prakarya pengolah melatih perserta akan rasa sebar mau pun berfikir praktis serta ketepan.

 

Kewirausahaan

Kewirausahaan diidentikan dengan ialah entrepreneurship. Kewirausahaan dapat didefinisikan sebagai proses kemanusiaan (human process) yang berkaitan dengan adanya kreativitas serta inovasi dalam memahami suatu peluang, mengorganisasi sumber-sumber, mengelola sehingga peluang itu dapat terwujud menjadi suatu usaha yang mampu menghasilkan laba ataupun nilai untuk jangka waktu yang lama. Definisi lain iyalah suatu kemampuan (ability) dalam berpikir kreatif serta  berperilaku inovatif yang dijadikan dasar dalam kewirausahaan , sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat serta proses dalam menghadapi tantangan hidup(Soeparman Soemahamidjaja 1977:2)

Kreatif serta inovatif iyalah kunci utama dari kewirausahaan, Kreativitas iyalah kemampuan untuk membuat kombinasi-kombinasi baru ataupun hubungan-hubungan baru antar unsur, data, variabel yang sudah ada sebelumnya.
Ciri-ciri orang kreatif ialah :

  1. Mandiri.
  2. Terbuka terhadap yang baru.
  3. Percaya diri.
  4.  Berani mengambil resiko.
  5.  Melihat sesuatu dengan tidak biasa.
  6. Memiliki rasa ingin tahu yang besar.
  7. Dapat menerima perbedaan.
  8. Objektif dalam berpikir sera bertindak.

Wirausaha ialah  pelaku dari kewirausahaan, yang berarti orang yang memiliki kreativitas serta inovatif sehingga mampu menggali serta menemukan peluang serta mewujudkan menjadi usaha yang menghasilkan nilai atau laba.

Wirausaha berasal dari istilah Wira sera Usaha, wira yang berarti berani, utama, mulia atau sendiri, sedangkan Usaha ialah kegiatan. Wirausaha itu dapat diartikan iyalah sebagai hal-hal yang menyangkut keberanian seseorang untuk melakukan kegiatan secara mandiri.  Kegiatan untuk dapat menemukan sampai mewujudkan peluang menjadi usaha  yang dapat menghasilkan itu disebut proses kewirausahaan.

Peranan Wirausaha :

  1. Meningkatkan standar / kualitas hidup manusia.
  2. Sebagai motor penggerak dalam pembangunan nasional.
  3. Menciptakan lapangan kerja baru yang dapat mengatasi pengangguran.
Next postKegiatan Adiwiyata

Pengumuman Terbaru

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN AJARAN 2020-2021

Himbauan Sekolah Kepada Kelas 12:

Info Kelulusan 2020

Maps Sekolah