SEKILAS INFO
: - Selasa, 03-08-2021
  • 1 bulan yang lalu / Untuk siswa yang mengikuti Ujian Penjurusan di SMAN 1 Tempeh dapat melalui aplikasi di alamat : ujian.sman1tempeh.sch.id . Tetap jaga kesehatan dan dalam UJIAN, JUJUR LEBIH UTAMA
  • 3 bulan yang lalu / Laman PPDB Jatim 2021 wilayah Lumajang https://30.ppdbjatim.net/
  • 1 tahun yang lalu / Mari bersama kita lawan virus Covid 19 dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Hindari ke tempat keramaian, cuci tangan secara berkala jika dari luar rumah, terapkan social distancing untuk sementara waktu, tidak keluar dari rumah jika tidak terlalu penting, dan selalu patuhi himbauan pemerintah
Pramuka (Dewan Ambalan)

SEJARAH GUGUS DEPAN GAJAH MADA

SMA Negeri Tempeh berdiri pada tahun 1982, pada tahun ini juga pramuka baru berdiri menjadi ekstra yang diwajibkan oleh sekolah untuk siswa-siswi SMANegeri Tempeh.
Kegitan Pramuka pada tahun 1982 belum lah memiliki sekretariatan sendiri dan untuk melaksananakan latihan pramuka bertempat di SMP Negeri 1 Tempeh. Untuk memaksimalkan kegiatan pramuka di SMA Negeri Tempeh maka pihak sekolah mendatangkan seorang pembina yang bernama kak Ali Mundir dari kwarcab dan kak Nanang dari polsek Lumajang. Kegiatan pramuka disambut dengan baik oleh siswa-siswi SMA Negeri Tempeh meskipun waktu itu belum memiliki gugus depan.
Setelah lima tahun menjabat sebagai Pembina maka berakhirlah masajabatan kak Ali Mundir dan digantikan oleh kak Jupri. Pada tahun ke-4 setelah SMA Negeri Tempeh berdiri tepatnya pada tahun 1986 ketuaosis SMA Negeri Tempeh adalah kak Muh. Zainal Fanani, beliau adalah seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan, rajin dalam belajar dan aktif dalam kegiatan organisasi termasuk kegiatan pramuka.
Pada masa kak Muh. Zainal Fanani inilah gugus depan SMA Negeri Tempeh di bentuk. Perintis gugus depan adalah Muh. Zainal Fanani yang selanjutnya diberi nama “GAJAH MADA”. Pencetusan nama GAJAH MADA bermula dari perjalanan sejarah di sekolah yang menerangkan seorang pemimpin yang gagah berani yaitu GAJAH MADA “pemersatu nusantara” sehingga kak Muh. Zainal Fananiterpukau dengan patih GAJAH MADA.
GAJAH MADA adalah seorang patih dan pemimpin yang gagah berani, kuat, dan pemersatu nusantara. Dan diharapkan SMA Negeri Tempeh menjadi pramuka yang bisa memersatukan perbedaan dan anggotanya menjadi anggota yang gagah beranidan kuat.
Setelah seluruhnya setuju dengan nama GAJAH MADA kak Muh. Zainal Fanani membuat lambang Gajah Mada yang kemudian disempurnakan oleh kak Yusuf Wibis, kak Muh. Zainal Fanani dan anggota yang lain membuat proposal untuk diajukan kepada sekolah dan kwaran yang berisikan pengajuandan persetujuan gugus depan SMA Negeri Tempeh dengan nama GAJAH MADA dan peresmiannya dilaksanakan pada saatpersamitanggal 9 september 1986.
Dari pihak sekolah dan kwaran tidak keberatan dengan pemakaian nama GAJAH MADA, upacara peresmian di selenggarakan pada waktu sebelum apiunggun dinyalakan, prosesi peresmian nama gugus depan dimulai dengan penyerahan bendera berlambang gugus depan pramuka SMA Negeri Tempeh yang dibawa langsung oleh kak Muh. Zainal Fanani dan diserahkan langsung kepada bapak Santoso selaku kepala sekolah SMA Negeri Tempeh tepat pukul 21.00. Acara peresmian diakhiri dengan penyalaan api unggun.
[su_custom_gallery source=”media: 145,146″ width=”600″ height=”450″ title=”never”]

ARTI LOGO :

  1. Tanda garis di tepi melambangkan sebuah tembok yang berdiri kokoh yang merupakan     bahwa pramuka di SMA Negeri Tempeh tidak akan terpengaruh oleh hal-hal negative.
  2.    Warna hitam melambangkan kekuatan.
  3. Nama GAJAH MADA melambangkan sosok pahlawan yang gagah berani juga pemersatu nusantara. Dengan nama ini diharapkan pramuka SMA Negeri Tempeh mempunyai jiwa yang dimiliki Gajah Mada.
  4. Bintang emas melambangkan gugus depan yang mengutamakan ketuhanan (Taqwa Terhadap Tuhan Yang Maha Esa).
  5. Roda merupakan satu mata rantai yang tidak bisa di pisahkan dan terus berputar. Hal ini melambangkan bahwa Gugus Depan SMA Negeri Tempeh tidak akan pernah tinggi hati ketika berada di atas dan tidak akan putus asa ketika berada di bawah serta akan slalu menjaga hubungan baik dengan siapapun.
  1. Lambang bendera merah putih melambangkan 6.bahwa kita masih berada di bawah naungan bendera sang merah putih.
  2. Tunas kelapa melambangkan pramuka yang mandiridan dapat berkembang di mana saja, dapat berguna bagi siapa saja (masyarakat), mempunyai cita-cita yang tinggi, dapat mempersatukan perbedaan.
  3. Peta Indonesia menggambarkan bahwa kita masih berada di Negara Indonesia yang mempunyai banyak perbedaan dan kebudayaan dimana kita harus menghargainya.
  4. Warna hijau melambangkan bahwa Negara kita Negara yang subur dan memiliki kekayaan alam yang beranekaragam.
  5. Warna biru merupakan warna perdamaian, warna putih merupakan lambang dari kesucian hati

Pengumuman Terbaru

Laman PPDB 2021

PPDB 2021/2022

Maps Sekolah